Konnichiwa

Konnichiwa adalah kata-kata populer yang sering diucapkan orang Jepang. Pada dasarnya adalah ucapan selamat siang tetapi menjadi kata-kata umum menggantikan halo atau ucapan selamat bertemu. Bagi saya, konnichiwa kali ini berarti selamat bertemu kembali dengan Jepang untuk yang kedua kalinya. Kedatangan ke Jepang kali ini saya harus singgah dulu di Jica Center cabang Kyushu untuk mengikuti training selama 9 hari baru kemudian menetap di Asrama Ito dekat kampus Kyushu University.

Jica Center Kyushu terletak di Kota Kitakyushu yang merupakan kota paling utara dari Pulau Kyushu Jepang. Jica Center Kyushu berperan sebagai asrama dan pusat pelatihan bagi para penerima beasiswa Jica di wilayah Kyushu. Penerima beasiswa Jica bisa berasal dari berbagai negara di seluruh dunia. Dalam program tugas belajar lebih dari 1 tahun ini, saya bergabung dengan teman-teman yang berasal dari Vietnam, China dan Sudan dengan total keseluruhan 6 orang termasuk saya dan satu-satunya orang Indonesia hanyalah saya sendiri. Dari China bernama Li Lu dan Zhang, dari Vietnam bernama Hanh dan Tram, sedangkan dari Sudan bernama Abubaeedah dan dengan Abu inilah saya berteman paling akrab. Di luar program ini terdapat satu orang Indonesia yang tinggal di Jica Center yaitu Pak Johan yang mengikuti pelatihan Waste Management utusan dari pemda DKI Jakarta.

Fasilitas Jica Center Kyushu cukup lengkap dan nyaman. Terdapat lima lantai asrama di sini dengan fasilitas tiga puluh kamar di setiap lantai dan saya sendiri menghuni lantai 2 dengan nomor kamar 230 atau kamar paling ujung Utara pada lantai tersebut. Di setiap lantai dilengkapi dengan ruang laundry yang bisa digunakan dengan gratis. Kamar yang disediakan oleh Jica Center bagi para penghuninya kurang-lebih berukuran 4×9 m2 dengan fasilitas kamar mandi dalam, air panas, air conditioner, tivi, spring-bed, Lan-internet, telepon, meja belajar, lemari pakaian, kulkas, water heater dan juga terdapat balkon yang menghadap ke sisi jalan.

Selain asrama, fasilitas Jica-Center juga terdapat ruang rekreasi bilyard, karaoke, lobi, gymnasium dengan lapangan basket, peralatan fitness, dan lapangan badminton. Fasilitas yang lain adalah lapangan tenis, kantin, ruang kesehatan, perpustakaan, telepon umum, dan vending machine yang terdapat di tiap sudut-sudut ruangan. Ruang training atau seminar dan ruang akademis lainnya terletak di gedung yang berbeda dengan asrama tetapi masih dalam satu bangunan kompleks Jica-Center Kyushu.

Seperti kehidupan sehari-hari di Jepang yang sangat teratur, disiplin dan ramah lingkungan, peraturan di Jica Center Kyushu mengharuskan penghuninya untuk disiplin mengikuti pola hidup orang Jepang. Segalanya telah diatur  di sini. Dalam rangka penghematan energi, dari lantai dasar para penghuni lantai 2 tidak disarankan untuk menggunakan lift tetapi cukup menggunakan tangga yang tersedia. Suhu terdingin AC untuk musim panas minimal pada 28oC sedangkan suhu pemanas AC pada musim dingin maksimal pada suhu 20oC. Seperti di negara-negara maju lainnya, sampah di sini haruslah dibuang di tempat sampah berdasarkan golongannya masing-masing agar mudah dipisahkan dan digunakan kembali nantinya.

Kantin di Jica Center menyediakan makanan sehari-hari para penghuninya. Kami mendapatkan fasilitas makan pagi gratis, selebihnya kami harus membayar untuk makan siang dan makan malam sayangnya harga makanan di sini cukup mahal dibandingkan dengan harga makanan di luar Jica Center. Bagi pemeluk agama Islam, di kantin ini juga tersedia makanan-makanan dengan sertifikat halal. Kredit 600 Yen berupa meal card perhari diberikan kepada masing-masing penghuni untuk dapat digunakan membayar makanan yang dipesan. Apabila kredit tersebut habis, penghuni bisa membeli paket makanan secara tunai di kantin atau di supermarket hanya dengan berjalan kaki kurang-lebih 200m dari Jica Center Kyushu.

Perpustakaan di Jica Center tidak hanya memiliki koleksi buku-buku yang berhubungan dengan training tetapi buku-buku lain seperti novel, informasi seputar kebudayaan Jepang dan juga peminjaman film-film internasional yang dapat dinikmati di kamar masing-masing karena tiap kamar juga disediakan video player. Apabila dengan semua fasilitas tersebut para penghuni tetap merasa bosan, Jica Center rutin mengadakan special diskon untuk mengunjungi even-even penting di Jepang secara berombongan atau tempat-tempat menarik lainnya di Kitakyushu dengan menggunakan bus. Penghuni juga bisa melakukan perjalanannya sendiri untuk rekreasi mengunjungi pusat-pusat hiburan di seputaran kota Kitakyushu.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, di sekitar Jica Center terdapat beberapa pusat perbelanjaan mulai dari yang murah hingga yang sekelas mall cukup dengan jalan kaki atau menggunakan fasilitas umum seperti bus dan kereta api. Segalanya sangat lengkap dan nyaman di sini dan saya masih harus terus belajar untuk beradaptasi dengan pola kehidupan yang sangat berbeda dengan di Indonesia.

Yang sangat disayangkan adalah kedatangan saya kali ini ke Jepang tidak membawa kamera sehingga hanya cukup dengan tulisan saya bercerita. Kedepannya mungkin saya akan membeli sebuah kamera sebagai pelengkap perjalanan saya kali ini ke Jepang.

Pada waktunya nanti saya akan meninggalkan Jica Center untuk tinggal di asrama internasional Kyushu University dimana staff Jica Center yang baik hati akan mengantarkan dan memastikan saya sampai dengan selamat di Ito Dormitory dan pada saat itu pula maka Konnichiwa akan kembali diucapkan.

(c) photo: http://mwe4eva.files.wordpress.com/2009/11/jica-kyushu-center.jpg

About Almandine
Just ordinary person who want to know anything and everything

5 Responses to Konnichiwa

  1. imyodhi says:

    Konnichiwa=dikongkon niki-niku jangan kuchiwa

    Manteb mas Reja …gaya tulisanmu wis koyo reporter majalah pesawat..

    Ok gud luck

    Konnichiwa

  2. bosman says:

    lho? kok bisa enggak bawa kamera mas? gimana tuh? kok bisaaaa???

  3. Pingback: Tidah mu(r)dah pindah rumah di Jepang « ANTAREJA bingung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: