Catatan Harian Seorang Geologist

61660_catatan_si_boy_thumb_300_225Mas Boy boleh bangga karena catatan hariannya diangkat film dengan judul Catatan Si Boy yang mampu membuat para wanita di jamannya menjadi tergila-gila. Atau Soe Hok Gie dengan Catatan Harian Seorang Demonstrannya yang mampu menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bersikap kritis ketika membacanya. Ada pula Catatan Harian Anne Frank seorang anak Yahudi yang menjadi korban genosida Nazi yang mampu membuat pembacanya meneteskan air mata. Dan masih banyak lagi catatan-catatan harian yang mampu menginspirasi pembacanya. Tetapi ini hanyalah catatan harian seorang geologist, seorang geologist boleh berarti siapa saja yang berprofesi sebagai geologist dan catatan harian ini tidak mampu membuat wanita tergila-gila, tertawa terbahak-bahak dan meneteskan air mata ketika membacanya. Pun catatan ini mungkin hanya bisa diartikan oleh seorang seprofesi dalam ilmu kebumian sehingga kalau anda membacanya dijamin akan kebingungan setengah mati dan cepat-cepat ditutup kembali catatan itu.

Catatan 2Catatan harian ini semacam catatan perjalanan dari lokasi yang diteliti atau dieksplorasi oleh seorang geologist. Catatan harian ini biasanya dituangkan dalam sebuah buku lapangan. Buku lapangan dibuat dengan berbagai versi tergantung pembuatnya. Buku lapangan yang bagus adalah buku lapangan yang anti air sehingga ketika bekerja di lapangan terkena guyuran hujan atau catatan tersebut terjatuh di sungai datanya masih bisa terselamatkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dalam menulis catatan harian sebaiknya menggunakan pensil 2B karena menulis menggunakan bolpoin menyimpan resiko luntur ketika terkena percikan air.

Catatan 4Catatan harian isinya berupa catatan pengamatan aspek geologi dan biasanya disertai dengan sketsa secukupnya tidak lupa disertakan informasi lokasi dan posisinya pada peta. Tidak ada bahasa dan aturan baku dalam membuat catatan ini. Boleh saja membual dengan bertele-tele atau disertai bahasa puitis dan mendayu-dayu tetapi yang terbaik adalah menggunakan bahasa yang secukupnya, singkat, padat dan informatif. Dalam membuat catatan ini kecerdasan dan kemampuan geologi tidak mutlak diperlukan walaupun parameter penting tetapi cita rasa indra penglihatan dalam menangkap fenomena geologi adalah parameter utama dan hal ini bisa dilatih kemampuannya dengan semakin banyak pengalaman penelitian di lapangan.

Seorang ahli geologi eksplorasi wajib membuat catatan harian ini dalam kegiatan eksplorasinya. Catatan harian ini berfungsi sebagai data primer dari penelitian geologi suatu daerah. Catatan ini sifatnya bisa sangat rahasia sekali apabila daerah penelitiannya merupakan daerah prospek sumberdaya alam bernilai tinggi, otomatis catatan tersebut mempunyai nilai yang sangat tinggi pula. Apabila dari catatan tersebut mengindikasikan bahwa daerah tersebut berpotensi menyimpan sumberdaya geologi ekonomis, maka penelitian selanjutnya dengan menggunakan peralatan dan teknologi yang lebih maju dilakukan untuk membuktikan kebenarannya. Setelah terbukti, maka tahapan selanjutnya adalah eksploitasi.

Catatan harian seorang geologist mungkin tidak mampu membuat wanita tergila-gila, tertawa terbahak-bahak dan meneteskan air mata ketika membacanya tetapi catatan ini mampu meluluskan seorang mahasiswa geologi dan mampu menggaet investasi bernilai trilyunan rupiah sehingga mengobrak-abrik bursa saham dunia. Untuk kepentingan ilmiah, catatan harian ini akan diolah sedemikian rupa dengan metode geologi sehingga tercipta publikasi ilmiah dan buku-buku teks geologi yang berguna bagi perkembangan ilmu kebumian selanjutnya.

Semoga setelah Mas Boy membaca tulisan ini dia akan tertarik untuk membuat catatan harian seorang geologist bersama sahabat karibnya Emon yang kemayu itu.

About Almandine
Just ordinary person who want to know anything and everything

12 Responses to Catatan Harian Seorang Geologist

  1. NN says:

    catatan harian si tolet juga bisa dipakai sebagai media pengukur dip dan strike breng, tentunya dengan bantuan si emon yg lenggak lenggok, menunggu bubble map nemplok di tengah…jika di bilang wanita tak memperebutkannya, itu tidak sepenuhnya benar, buktinya catatan harianmu sering berpindah tangan ke miss E, miss P dan miss2 yg lain, walopun tak banyak pula laki2 tergoda membacanya, bahkan menyalinnya selayaknya contekan….dari orang yg tak pernah manulis ke-sehariannya🙂

  2. santos (99) says:

    mbreng nek catatan grumble ono ora?

  3. Kira-kira sama ga ya, menulis di catatan harian dengan di blog ?

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

    • iwantolet says:

      Wah beda mas, kalo catatan harian geologist hanya berisi kisi-kisi ringkasan dari pengamatan lapangan. Kalau ngeblog kan sudah diolah menjadi kata-kata yang mudah dimengerti para pembaca dari berbagai kalangan

  4. zefka says:

    dari dulu kalo disuruh bikin catatan lapangan pasti bingung, gak tau apa yg mau dicatat🙂

  5. Etty says:

    Hay,
    sy mahasiswa geologi jg..slm knal,,

  6. geo says:

    hmm, menarik mas. saya mau nanya sedikit, mengenai argumen mengenai isi atau aspek dalam buku catatan itu merupakan argumen sendiri ato ada referensi nya g??
    makasih sebelumnya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: