Jalan Bebas Keselamatan

Perjalanan Bandung – Jakarta atau sebaliknya selama 2,5 jam biasanya selalu saya lewatkan dengan tertidur pulas di dalam kursi travel. Tak pernah kugubris apa yang terjadi di sekitarku, kuserahkan seluruhnya tubuhku ini di tangan pak sopir yang rajin menyetir.

Sekali waktu ternyata mataku tidak bisa kuajak terpejam karena semalam tidurku cukup pulas dan lumayan lama, akhirnya aku terjaga terus sepanjang perjalanan pulang Jakarta – Bandung. Terjaga sepanjang perjalanan adalah membosankan untung aku selalu membawa ipod untuk mengurangi rasa bosan.

Akhirnya sampai pula roda kencang travel menginjakkan jalur tol Purbaleunyi. Jalur tol ini sangat lebar dengan pemandangan yang menarik di sepanjang kiri dan kanan jalur. Lancarnya perjalanan dan standar jalan yang mulus mengingatkanku pada jalur hauling batubara di Kaltim Prima Coal ketika aku masih bekerja di sana. Jalan hauling KPC dan jalur tol Purbaleunyi mempunyai standar keselamatan yang hampir sama. Rambu-rambu petunjuk jalan cukup jelas terlihat dan sangat informatif, di beberapa ruas jalan juga dijumpai mobil safety patrol yang selalu siaga untuk menjaga keselamatan pengguna jalan. Perbedaannya mungkin dari alas jalannya. Jalan hauling KPC hanya diperkeras oleh lapisan burn mudstone yang selalu di pelihara oleh greader atau kompaktor setiap harinya sedangkan jalan tol Purbaleunyi berupa beton atau aspal halus yang juga dilakukan perawatan berkala. Tak heran apabila aku selalu tertidur pulas di sepanjang perjalanan ini karena tingkat keselamatan perjalan di jalur tol Purbaleunyi benar-benar diperhatikan.

Cukup bangga melewati jalan tol ini lengkap dengan lanskap sawah dan kampung yang hijau nan asri di kiri dan kanannya seakan-akan kita sedang melewati jalan dari sebuah negara yang kaya-raya, gemah ripah loh jinawi, ijo royo-royo, tanam kayu tumbuh pohon serta lautnya yang berisi susu seperti lagunya Koes Plus. Jalan tol semacam ini tidak hanya ditemui di jalur Jakarta – Bandung tapi juga di jalan-jalan tol lain di seluruh penjuru Indonesia. Sekali lagi saya tegaskan hanya “jalan tol” padahal jalan tol yang semacam ini mungkin hanya ada 5% dari seluruh jalanan di penjuru Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 95% yang lainnya statusnya adalah seakan-akan mirip jalan tol.

Cobalah sekali-kali lintasi jalur Sangatta – Balikpapan maka mungkin inilah jalanan yang mencerminkan wajah Indonesia sebenarnya. Lebar jalan yang tidak standar, dengan rambu dan penerangan apa adanya lengkap dengan kondisi jalan yang cocok sebagai kubangan kerbau daripada sebuah jalan propinsi. Atau jalur-jalur lain lintas propinsi di luar Jawa, karena saya belum pernah melewati jalur selain Jawa dan Kalimantan maka saya tidak memberikan testimonialnya tetapi saya kira nasibnya serupa dengan jalur lintas propinsi di Kalimantan yang sangat jauh dari keselamatan itu.

Terakhir, untuk pemimpin negara ini : Jalanan yang mempunyai standar keselamatan tinggi hanya 5% saja sudah membuatku bangga ketika melewatinya maka tidaklah perlu untuk ditingkatkan karena yang berlebihan itu tidaklah baik. Atau pengurangan tingkat keselamatan berkendaraan merupakan program pemerintah untuk mengurangi jumlah penduduk karena kenyataannya program Keluarga Berencana tidak berhasil menanggulangi ledakan jumlah penduduk.

*) Sumber Gambar: http://i195.photobucket.com/albums/z171/rilham2new/purbaleunyi_0006.jpg

About Almandine
Just ordinary person who want to know anything and everything

3 Responses to Jalan Bebas Keselamatan

  1. nadya says:

    hhahahaha … kubangan kerbau

  2. zefka says:

    kalo Jakarta BAndung biasa tertidur… tapi kalo jln haulingnya KPC jg tertidur kah? heheheee, pasti tetap melek tuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: