Motivasi Yang Mahal

j0341344Sudah tidak asing lagi bahwa saat ini banyak berkembang penawaran kelas-kelas motivasi dengan istilah yang beraneka ragam. Bisa berupa pembangunan kejiwaan spiritual, emosional, body experience, keikhlasan, bahasa kalbu dan lain-lain. Pada intinya setiap program yang ditawarkan adalah mencoba membangkitkan lagi sisi terdalam dari jiwa masing-masing manusia yang hasilnya diharapkan setiap peserta program atau kelas mendapatkan hidup yang lebih baik secara mental dan spiritual.

Tidak ada yang gratis, setiap kelas atau pertemuan dihargai dengan nominal uang yang tidak murah. Harganya bisa jutaan untuk pertemuan berkisar 2 – 4 jam. Bahasa kiasan dari tarif ini adalah investasi hidup. Investasi berarti bahwa anda menanam uang / modal untuk mendapatkan hasil yang lebih. Dalam hal ini, hasil yang lebih adalah hidup anda akan termotivasi lagi mendapatkan pencerahan dalam menghadapi segala macam problema hidup.

Bila anda tidak punya waktu untuk menghadiri pertemuan-pertemuan tersebut atau tidak punya dana lebih sebagai “investasi”, maka akan tersedia puluhan buku tentang motivasi karangan para motivator handal terkemuka dari dalam negeri maupun luar negeri. Tentu saja untuk sekelas buku dengan tebal standar, harganya tidak main-main bisa mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu serinya saja.

uangSebegitu mahalkah motivasi yang didambakan setiap manusia? Memang saat ini beban kehidupan seiring waktu berjalan semakin pelik dan kompleks, maka tak jarang orang rela menguras koceknya untuk mendapatkan pencerahan hidup. Saat masing-masing individu dalam bahasa kesendiriannya dengan Tuhan tidak bisa mengobati hati yang gelisah maka seorang motivator menjadi pencariannya.

Diakui bahwa seorang motivator merupakan seorang yang handal dalam menjawab semua beban hidup dengan bahasa yang menyentuh kalbu dilengkapi dengan alunan suara menggetarkan jiwa bahkan dengan bau-bauan aroma terapi. Ketika agama tidaklah menjadi pembatas maka sang motivator akan mengajak semua golongan untuk kembali kepada bahasa alam. Apabila semua orang yang hadir mengikuti ajakan motivator maka mereka akan mengalami semacam “trans” kedalam dunia yang penuh kasih dan merasa nyaman seperti bayi dalam kandungan ibunya.

Permasalahannya adalah apakah efek yang mereka rasakan saat itu berlangsung selamanya atau hanya pada saat berada dalam lingkungan sang motivator. Atau sang motivator mempunyai trik tertentu untuk membuat sang haus motivasi merasa kecanduan dan merasa wajib mengikuti tiap sesi pertemuan dengan sang motivator yang jelas akan menguras kocek lebih dalam lagi yang notabene justru akan menambah beban hidupnya lebih berat lagi.

Tidak ada yang salah dengan hal ini dan tidak melanggar hukum ketika manusia sangat membutuhkan motivator dan motivator menjawabnya dengan bahasa bisnis. Tetapi apakah fenomena ini menandakan bahwa agama sudah tidak bisa lagi memberikan motivasi hidup yang lebih konkret dan tiap manusia tidak bisa lagi memotivasi dirinya sendiri? Saat tubuh mulai lelah dan mengantuk, otak tidak lagi bisa bekerja untuk menyuruh tubuh untuk tidur tetapi harus dari teguran orang lain yang menyuruh kita untuk tidur. Sebegitu parahkan keadaannya?

Dalam hakiki kehidupan manusia, keTuhanan diharapkan menjadi motivasi terbesar dalam hidup manusia. Setiap kitab suci yang ada pastilah mengajarkan pola hidup yang baik. Dalam Islam, sholat merupakan fase “trans” manusia untuk menurunkan temperatur dengan kekushukan didahului dengan tahapan wudlu yang menyegarkan dan doa-doa yang membawa kalbu kita dalam keikhlasan kepada Sang Khalik. Bersosialisasi dengan sahabat, keluarga dan kekasih bisa juga memberikan motivasi yang bijak dalam melangkah. Jadi, masihkah semahal itu harga sebuah motivasi?

About Almandine
Just ordinary person who want to know anything and everything

2 Responses to Motivasi Yang Mahal

  1. nadya says:

    buset pak kyai ….😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: