Kora-kora Angkasa

Pernah berkunjung ke Dufan? Pasti tidak melewatkan wahana Kora-kora. Ya… Kora-kora adalah wahana permainan berbentuk kapal yang di naik-turunkan seperti main ayunan. Ada saatnya kita berada di bawah dan ada saatnya kita berada di atas. Yang membikin seru adalah goyangan dan hentakan seketika saat kita diayun ke bawah dari posisi teratas. Isi perut seakan ikut bergejolak dan berdesakan untuk saling keluar dari mulut. Hueeekkkkk…. Yang ga kuat pasti bakalan muntah-muntah.

Begitupula yang kurasakan ketika naik pesawat dari Balikpapan menuju Sangatta. Perjalananku kali ini adalah perjalanan akhir masa cutiku setelah 12 hari menikmati libur di Jogjakarta. Untuk kembali ke tempat kerja, aku harus naik pesawat 2x. Jogjakarta – Balikpapan kemudian diteruskan Balikpapan – Sangatta. Tidak ada masalah dengan perjalanan Jogjakarta – Balikpapan. 1 jam 45 menit kulalui dengan terlelap di kursi pesawat, maklum tidak ada yang bisa kulakukan selain tidur karena pesawat ini tak memberikan apapun untuk dikunyah atau ditenggak dengan cuma-cuma. Masalah mulai timbul ketika aku harus menunggu jadwal penerbangan pesawat dari Balikpapan – Sangatta di airport Sepinggan. Cuaca mulai mendung dengan asap hitam memenuhi pandangan angkasa sesekali rintik hujan gerimis tapi tidak menerus. Keberangkatan pesawat yang akan kutumpangi pun terlambat. Aku naik pesawat Transwisata (pesawat pengganti Casa) dengan dua baling-baling di kiri-kanan body pesawat yang mengeluarkan suara dengungan dahsyat hingga terdengar ke dalam pesawat alhasil semua penumpang wajib mengenakan earplug untuk mengurangi resiko ketulian mendadak.

10 menit pertama dari keberangkatan berjalan lancar dengan riang gembira dan aku sempat mengambil beberapa foto pemandangan dari pesawat (kebetulan aku duduk di dekat jendela). Setelah itu pesawat mulai melintasi gugusan awan kelabu hingga tidak tampak apapun di jendela kecuali warna kelabu dari awan. Pesawat mulai bergoncang naik-turun kekiri dan kekanan, 50 menit selanjutnya adalah seperti naik Kora-Kora di angkasa… Isi perut di aduk-aduk hingga muncul keringat dingin sebesar biji jagung dari kepalaku. Rasanya mual menjadi-jadi ditambah lagi perasaan was-was mengenai kelanjutan perjalananku ini. Pertanyaan-pertanyaan melintas dari kepalaku, Apakah aku harus ke neraka secepat ini? Masih muda, belum kawin dan ga sempet makan siang dengan kenyang… Ditambah lagi, penumpang di belakangku malah asyik bertelponan dengan temannya sambil berhaha-hehe… Gila banget… Di dalam Kora-kora angkasa masih sempet telpon-telponan menambah kacau navigasi pesawat, langsung saja kubentak bapak itu untuk mematikan telponnya. Untung ga kukasih muntah sekalian di mukanya…

Sepanjang perjalanan aku tidak merasa nyaman dan tenang, sesekali aku berusaha menahan agar tidak muntah. Duduk dengan segala posisi tidak bisa memberiku rasa nyaman, mencoba membunuh waktu dengan berimajinasi dan menghayal. Viewwff… akhirnya tiba juga di Airport Tanjung Bara, langsung kucari air mineral dan kutenggak sebanyak-banyaknya untuk mengatasi rasa mual yang kutahan selama di pesawat. Cukup banyak membantu, dan aku merasa segar kembali. Uugghh… Kora-kora angkasa, semoga tidak terulang lagi untuk penerbangan selanjutnya. The Next day, aku harus kembali pada rutinitas kerja untuk 6 bulan kedepan sampai kembali pada Kora-kora angkasa untuk cuti selanjutnya.

Tips : Bagi para calon penempuh pesawat Balikpapan-Sangatta, akan lebih baik bila anda berlatih dulu dengan menaiki wahana Kora-kora di Dufan. Anda lolos dengan tidak muntah, maka anda layak naik pesawat ini.

About Almandine
Just ordinary person who want to know anything and everything

One Response to Kora-kora Angkasa

  1. wadirin says:

    maasss, aku ingin anda bertahu berapa ukuran pesawat kasa yang sebenarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: